Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dokumentasi Keperawatan

Share/BookmarkHai..rekan neter semua, agak lama nih saya ga posting, pastinya banyak ditunggu oleh rekan sejawat semua. nah sebelumnya kita udah banyak posting seperti askep anak dan lainnya, pokone banyak dech. oya..kali ini saya mau posting tentang dokumentasi keperawatan nih. Kenapa materi ini yang saya posting duluan??? alasannya banyak sekali dan yang paling utama adalah karena dokumentasi menduduki hal yang paling penting dalam asuhan keperawatan. Kenapa tidak coba....apa yang kita lakukan tentu harus kita dokumentasikan hal ini menyangkut dengan tanggung jawab dan tanggung gugat kita sebagai perawat biar tidak di pandang rendah oleh profesi lain betul??? he...he... agak semangat nih, soale hari ini IGD penuh banget pasien KLL, whuh cape dech...

Lanjut ya...
tentu sebelum kita mendokumentasikan kita harus faham betul dengan konsep dasar dokumentasi keperawatan yaitu Sebagai suatu informasi yang tertulis, dokumentasi keperawatan merupakan media komunikasi yang efektif antar profesi dalam suatu tim pelayanan kesehatan pasien. Disamping itu dokumentasi keperawatan bertujuan untuk perencanaan perawatan pasien sebagai indikator kualitas pelayanan kesehatan, sumber data untuk penelitian bagi pengembangan ilmu keperawatan, sebagai bahan bukti pertanggung jawaban dan pertanggunggugatan pelaksanaan asuhan keperawatan serta sebagai sarana pendidikan bagi para mahasiswa.

Dokumentasi dan pelaporan merupakan suatu metode untuk mengkomunikasikan suatu informasi yang berhubungan dengan manajemen pemeliharaan kesehatan. Dalam beberapa hal kesuksesan dari pelaksanaan proses keperawatan tergantung dari keakuratan dan komplitnya pelaporan dan ketepatan dalam penulisan pendokumentasian.

Beberapa jenis catatan digunakan sebagai alat komunikasi untuk menginformasikan keadaan klien. Meskipun setiap perusahaan menggunakan format yang berbeda, seluruh catatan mengandung informasi yang mendasar, yaitu :
  1. Identifikasi klien dan data demografis
  2. Informed Consent untuk tindakan
  3. Riwayat keperawatan
  4. Diagnosa atau masalah keperawatan
  5. Rencana keperawatan (Nursing Care Plan)
  6. Catatan tindakan keperawatan dan evaluasi
  7. Riwayat medis
  8. Diagnosa medis
  9. Pesanan terapi
  10. Catatan perkembangan medis dan kesehatan
  11. Laporan pengkajian fisik
  12. Laporan diagnostik studi
  13. Rangkuman prosedur operasi
  14. Rencana pulang dan rangkuman

Nah itu hal yang paling utama ketika kita mendokumentasikan. oya...kalu di tulis semuanya, tangan saya jadi mandan kesel je....lebih baik download aja ya untuk lengkapnya... silahkan klik link download dibawah