Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Gejala penyakit stroke

Gejala penyakit stroke - Gejala stroke bisa diketahui melalui kondisi fisik penderita. Stroke sendiri merupakan penyakit berbahaya yang menyerang pembuluh darah otak. Serangannya begitu mendadak mirip seperti penyakit jantung. Untuk orang awam, serangan ini tidak menunjukkan ciri-ciri yang sangat mencolok. Banyak yang menganggap biasa kejadian atau gejala stroke ini. Mereka tidak ‘ngeh’ dan tidak menawarkan bantuan medis. Setelah itu si korban yang terserang stroke ini meninggal. Seperti misalnya pada kejadian berikut. Pada wisuda di sebuah kampus, seorang ibu yang menghadiri upacara anaknya tiba-tiba jatuh. Orang-orang sekitar menolongnya dan membersihkan bajunya. Semua orang mengira, termasuk suaminya, bahwa si ibu ini jatuh karena tersandung kerikil. 
Keesokan harinya, si ibu ini dikabarkan meninggal. Tidak ada orang yang tahu bahwa si ibu ini terserang stroke karena tak seorang pun paham tentang berbagai macam gejala stroke. Untuk itulah, sangat perlu disadari dan diwaspadai gjala-gejala serta tanda-tanda penyakit stroke agar pasien penderita bisa segera ditangani secara medis. Ahli syaraf mengatakan, penderita stroke bisa tertolong secara total jika saja tiga jam setelah serangan terjadi, pasien mendapatkan perawatan intensif. Efek yang diakibatkan oleh penyakit tersebut bisa disembuhkan secara menyeluruh dengan pengobatan. Akan tetapi penangannya harus tidak lebih dari tiga jam sejak serangan terjadi. Jadi, jika orang disekitar termasuk si suami paham tentang gejala stroke, maka tentulah si ibu ini tadi bisa segera tertolong. Berikut ini merupakan tanda-tanda penyakit mematikan ini. Kenali dan lakukan penanganan secepatnya jika tanda-tanda berikut muncul.

Gejala Penyakit Stroke yang terlihat

Pertama, serangan stroke datang ditandai dengan serangan neurologis berupa kelumpuhan total atau hanya lengan tangan saja. Kedua, otot-otot penderita mulai melemah atau sering disebut hemiplegia untuk istilah kedokterannya. Ketiga, penderita mulai mengalami penurunan kemampuan melihat serta membau. Gangguan penglihatan tersebut bisa secara parsial maupun total. Keempat, karena adanya gangguan syaraf motoriknya, maka penderit mengalami gangguan bicara. Kelima, penderita mengalami kesulitan menelan makanan dan keadaan tubuh pun tidak terkoordinasi dengan baik. Keenam, saat berbicara pun, penderita cenderung tidak jelas atau biasa disebut pelo. Selain berbagai tanda-tanda dan gejala stroke tersebut, orang sekitar bisa tahu tentang penyakit ini dengan melakukan tiga tes dan menyuruh penderita tentang tiga hal, yaitu minta tersenyum, menengadahkan kedua tangan, mengatakan sesuatu yang diakhiri silabel a seperti “hari ini indah; hari ini cerah; dan lain sebagainya”.

Penyebab Gejala Stroke
Penyebab gejala stroke bisa dikelompokkan menjadi dua kategori. Pertama adalah kategori resiko medis dan yang kedua adalah perilaku si penderita itu sendiri. Resiko medis seperti hipertensi, pengerasan pembuluh darah, kolesterol, diabetes, gangguan jantung, stroke bawaan genetis bisa menyebabkan stroke. Sedangkan perilaku seperti merokok, minum minuman beralkohol dan soda, banyak mengkonsumsi makanan berlemak, dan jarang olah raga bosa juga menyebabkan gejala stroke. (source : kifot.com)

Nah, itulah beberapa gejala yang dirasakan penderita penyakit stroke mudah-mudahan bermanfaat, bagi anda yang sedang mengalami gejala seperti di atas segera periksakan diri ke dokter.

Informasi Penyakit : http://blog-penyakit.blogspot.com/2012/05/gejala-penyakit-stroke.html