Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Makanan pantangan penderita jantung

Makanan pantangan penderita jantung - Penyakit Jantung adalah istilah umum yang mengacu pada berbagai kondisi medis akut dan kronis yang mempengaruhi satu atau lebih komponen jantung. Jantung adalah organ, otot kepalan berukuran yang terletak di sisi kiri rongga dada. Jantung ini terus menerus memompa darah, dimana pemompaan bisa 100.000 kali sehari. Darah yang bergerak membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dan limbah lainnya ke paru-paru, ginjal, dan hati untuk di ekskresikan. Jantung menjamin pasokan oksigen sendiri melalui serangkaian arteri koroner dan vena. Jantung juga merupakan organ endokrin yang menghasilkan hormon hormon natriuretik atrial (ANP) dan peptida natriuretik tipe B (BNP), yang mengkoordinasikan fungsi jantung dengan pembuluh darah dan ginjal.

Penyakit jantung ada beberapa jenis. Jantung koroner, kardiomiopati, gagal jantung, klep jantung bocor, pembengkakan jantung, lemah jantung, aritmia jantung, jantung rematik dan Infark Miokard Akut. Jika Anda atau anggota keluarga mengalami salah satu penyakit jantung tersebut maka harus menghindari beberapa pantangan yang harus dihindari penderita penyakit jantung. Pantangan penyakit jantung ini harus dihindari dengan disiplin untuk mengurangi resiko penyakit jantung bisa jadi lebih parah. Serangan penyakit jantung terkadang tidak terduga dan menyerang orang yang terlihat sangat sehat sekalipun.

Ada beberapa pantangan penyakit jantung yang secara umum harus diketahui penderitanya, seperti: jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dalam satu waktu karena hal itu akan menanbah berat kerja jantung, hindari berita atau segala sesuatu yang sifatnya terlalu mengejutkan karena berita yang tiba-tiba bisa membuat kerja jantung menjadi lebih cepat tanpa keteraturan dan memicu buruknya kerja jantung, dan yang tidak kalah penting ialah dengan memperhatikan asupan makanan atau nutrisi bagi tubuh. Pada prinsipnya memang tidak ada pantangan makanan secara mutlak untuk penderita sakit jantung. Namun dalam hal pola makan yang penting adalah makan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup dan seimbang. berikut ini beberapa pantangan makanan penyakit jantung yang harus dihindari penderita penyakit jantung, antara lain :

Makanan mengandung kolesterol. 
Makanan pantangan penderita jantung yang pertama adalah makanan yang mengandung kolesterol seperti Cumi, udang, kepiting, otak sapi, daging kambing, daging berlemak, organ dalam hewan, bebek, belut, kuning telur, susu sapi, kulit ayam, makanan kemasan olahan daging ayam. Kolesterol adalah musuh utama jantung. Siapa pun bisa bangkrut jika kolesterol menyumbat di pembuluh darah jantung dan kepala (stroke). 1 otak sapi kandungan kolesterolnya sama dengan 1 tubuh sapi.

Makanan mengandung trigleserin. 
Trigleserida merupakan lemak jahat dari tumbuhan. Minyak goreng, santan, kelapa dan margarin.

Makanan mendangung gula alkoholik.
Minuman alkohol, durian dan tape.


Nah, itulah beberapa makanan pantangan untuk penderita penyakit jantung secara umum mudah-mudahan bermanfaat, jagalah pola makan anda karena sebagian besar penyakit yang menyerang tubuh kita berasal dari pola makan kita yang kurang baik.

Informasi Penyakit : http://blog-penyakit.blogspot.com/2012/10/makanan-pantangan-penderita-jantung.html