Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penyakit sinusitis

Penyakit sinusitis - Sinusitis merupakan suatu proses peradangan pada mukosa atau selaput lendir sinus paranasal. Akibat peradangan ini dapat menyebabkan pembentukan cairan atau kerusakan tulang di bawahnya. Penyakit sinus atau biasa juga disebut sebagai sinusitis adalah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan rongga hidung bagian atas. Penyakit sinus disebabkan oleh segala sesuatu yang mengganggu aliran udara ke dalam rongga hidung ataupun keluarnya lendir / muskus dari hidung. Contoh penyebab penyakit sinusitis ini adalah: kurangnya kelembaban udara, mengerasnya ingus yang keluar dari hidung, atau bisa juga diakibatkan oleh pemakaian obat antihistamin. Lendir atau mungus yang tidak bisa keluar pada akhirnya akan terkumpul dan menjadi lahan yang subur untuk pertumbuhan bakteri sehingga bisa menimbulkan peradangan.

Jika sudah mengalami penyakit sinusitis maka akan sangat berdampak pada segala aktifitas seseorang. Orang akan lebih banyak bersin-bersin apalagi jika kondisi sedang dingin. Apabila seorang penderita merasa dirinya memenuhi kriteria diagnosis seperti yang sudah diketahui sebelumnya, maka yang bersangkutan perlu segera memeriksakan dirinya ke dokter spesialis THT untuk medapatkan penanganan lebih lanjut, agar dapat dicegah komplikasi akibat penyakit ini.

Sinusitis akut biasanya berhubungan dengan infeksi hidung atau gigi dan berkembang bersama obstruksi ostia, absorpsi oksigen dengan tekanan negatif dan kongesti mukosa sinus yang diikuti oleh invasi bakteri, infiltrasi lekosit, pembentukan pus serta tekanan positif. Gejala mencakup sekret hidung purulenta dan nyeri. Terapi mencakup penggunaan dekongestan (topikal dan sistemik), pemanasan, pelembab serta antibiotika yang tepat selama 10 sampai 14 hari. (source: dari berbagai sumber) Nah, itulah sekilas mengenai penyakit sinusitis mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca terutama yang sedang mencari informasi penyakit sinusitis.

Informasi Penyakit : http://blog-penyakit.blogspot.com/2012/11/penyakit-sinusitis.html